Daftar Buku :

Perbedaan Penerbit Indie dan Mayor

Penerbit buku saat ini ada 2 jenis. Penerbit Mayor dan penerbit indie. Penerbit mayor merupakan penerbit yang mencetak buku terbitannya secara masal seperti penerbit-penerbit besar yang kita kenal seperti, Gramedia, Gagas Media, dll. Sedangkan Penerbit indie merupakan penerbit yang mencetak bukunya hanya jika ada yang memesan dan biasanya penjualannya secara online

penerbit Mayor dan indie memiliki perbedaan serta kelebihan dan kekuranganya masing-masing. 

Perbedaan Penerbit Mayor dan Indie serta Kelebihan dan kekurangannya

> Jumlah Cetakan

Penerbit mayor mencetak bukunya secara masal biasanya cetakan pertama sekitar 3000 eksemplar atau minimal 1000 eksemplar, sedangkan penerbit indie hanya mencetak bukunya apabila ada yang memesan atau cetak berkala yang biasanya disebut POD ( Print on Demand). Dalam hal ini kelebihannya bagi mayor publishing keuntungan bisa jauh lebih besar hanya saja membutuhkan modal yang cukup besar pula, sedangkan penerbit indie mencetak bukunya apabila ada yang memesan sehingga tidak hampir memerlukan modal dalam pencetakan dan juga resiko kerugian minim namun keuntungan juga lebih sedikit.

> Penjualan Buku

 Buku terbitan penerbit mayor tersebar di toko-toko buku sedangkan buku terbitan penertbit indie biasanya hanya dijual lewat media online.

> Pemilihan naskah yang diterbitkan

Penerbit mayor tidak sembarangan menerima naskah sehingga banyak penulis yang naskahnya ditolak sedangkan penerbit indie tidak menolak naskah. Dalam hal ini, penerbit indie merupakan alternatif bagi para penulis yang ingin menerbitkan karyanya menjadi sebuah buku.

> Waktu Penerbitan

Sebuah naskah biasanya diterima atau tidaknya di penerbit mayor dalam tempo 1-3 bulan. Jika pun naskah diterima, ada giliran atau waktu terbit yang bisa sampai bertahun-tahun. Kemudian ada proses lagi sebelum terbit dan dijual. Dalam hal ini, penerbit indie menjadi alternatif bagi para penulis yang ingin menerbitkan naskahnya menjadi buku dalam waktu yang lebih cepat.
Share this article :

Posting Komentar

 
Penulis Media Publisher : Penerbit | Buku Indie | Murah tidak murahan
Copyright © 2015. penulismudapublisher.com - All Rights Reserved
Kami Menyediakan Penerbitan Murah Paket 200 Ribu
Dibuat Oleh : Penulismudapublisher